Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Menghidupkan Ramadhan dengan Al-Qur’an: Kegiatan Pengajian di Masjid Baiturrahman

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan / Pendidikan

SURAKARTA, 14 Maret 2024 – Masjid Baiturrahman Sekip menjadi lokasi kegiatan pengajian yang menginspirasi. Dengan tema “Menghidupkan Ramadhan dengan Al-Qur’an”, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa dan siswi SMP Muhammadiyah 2 Surakarta bersama beberapa guru pendamping. Acara ini menjadi wahana untuk mendalami makna Ramadhan melalui penelusuran dan pemahaman Al-Qur’an.

Pukul 08.45 WIB, suasana di masjid mulai dipenuhi oleh para siswa yang datang dengan semangat. Kepala Sekolah, Ibu S. Partini, S. Pd., membuka acara dengan sambutan hangatnya, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini menjadi momen yang berharga dalam memperkaya spiritualitas siswa & siswi.

Pembicara utama kegiatan ini adalah Ust. Rifqi Hanif Barezzi, M. Li., yang membawakan materi dengan penuh kefasihan dan keilmuan. Beliau mengajak para hadirin untuk merenungkan pesan-pesan dalam Al-Qur’an yang dapat menghidupkan makna Ramadhan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penjelasan yang yang mudah dipahami, beliau memberikan pencerahan tentang bagaimana membawa spirit Ramadhan dalam setiap langkah kehidupan.

Pengajian yang berlangsung hingga pukul 10.30 WIB ini tidak hanya diisi dengan ceramah, tetapi juga sesi tanya jawab yang menjadi kesempatan emas bagi siswa & siswi untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi lebih lanjut tentang topik yang dibahas. Suasana penuh keakraban tercipta antara pembicara, peserta, dan guru pendamping.

Menurut Ust. Rifqi Hanif Barezzi, kegiatan semacam ini sangat penting dalam memperkokoh pemahaman akan ajaran Islam, khususnya dalam menyambut bulan suci Ramadhan. “Al-Qur’an adalah sumber kehidupan bagi umat Islam. Dengan menggali dan memahami isinya, kita dapat menjadikan Ramadhan bukan hanya sebagai tradisi, tetapi juga sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita,” ujarnya.

Kegiatan pengajian ini pun ditutup dengan doa bersama, mengharapkan ridha dan keberkahan dari Allah SWT atas segala yang telah dilaksanakan. Semangat untuk menjalani ibadah Ramadhan dengan penuh kesadaran dan kecintaan kepada Al-Qur’an menjadi pesan yang ditinggalkan untuk semua peserta.

Dengan penuh rasa syukur, kegiatan pengajian “Menghidupkan Ramadhan dengan Al-Qur’an” di Masjid Baiturrahman Sekip berhasil menciptakan ruang yang inspiratif bagi para peserta untuk mendalami nilai-nilai keislaman dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar