Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Mengisi Ramadhan dengan Hikmah: Cerita dari Pesantren Kilat SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan / Pendidikan / Umum

Surakarta – Dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah, SMP Muhammadiyah 2 Surakarta menyelenggarakan kegiatan pesantren kilat yang berlangsung selama empat hari, mulai dari Senin, 25 Maret 2024, hingga Kamis, 28 Maret 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 7 hingga kelas 9, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan praktik keagamaan di kalangan remaja.

Pesantren kilat ini berlangsung setiap hari dari pukul 07.30 WIB sampai dengan 11.20 WIB. Rangkaian acara diawali dengan doa pagi, yang diikuti oleh sesi hafalan Al-Qur’an, membaca Al-Qur’an satu per satu, pemberian materi, sholat dhuha, istirahat, dan diakhiri dengan pembahasan asbabun nuzul.

Dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an, siswa diajak untuk menghafal surah An Naba’ dari ayat 1 hingga 40, yang dibagi menjadi empat sesi selama empat hari. Hal ini dimaksudkan untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap surah tersebut serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menghafal Al-Qur’an.

Pemberian materi pada pesantren kilat ini mencakup berbagai topik aktual dan penting bagi remaja, mulai dari “Puasa Digital” yang mengajak siswa untuk lebih bijak dalam menggunakan teknologi, “Indahnya Akhlak Rasulullah Saw.” yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai akhlak mulia, “Dahsyatnya Sedekah di Bulan Ramadhan” yang mendorong kepedulian sosial, hingga “Keutamaan Puasa Syawal” yang memberikan pengetahuan tambahan mengenai ibadah puasa.

Sesi asbabun nuzul setiap hari memberikan wawasan mengenai sejarah turunnya beberapa surah dalam Al-Qur’an, yang meliputi surah Abasa, An Naba’, Al Insyiqoq, dan Al Ghosyiyah. Hal ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan siswa terkait konteks dan pelajaran yang dapat diambil dari setiap surah tersebut.

Setelah rangkaian acara pesantren kilat berakhir, para guru melaksanakan sholat dhuhur dan mengakhiri hari dengan kajian tematik bertema “Taddabur Kisah Qur’ani” yang berlangsung selama 60 menit hingga pukul 13.20 WIB. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat spiritual bagi para siswa, namun juga bagi para guru yang turut serta dalam meningkatkan pemahaman mereka mengenai kisah-kisah dalam Al-Qur’an.

Kegiatan pesantren kilat Ramadhan ini merupakan salah satu upaya SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dalam membentuk karakter siswa yang religius, berakhlak mulia, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang diperoleh tidak hanya selama bulan Ramadhan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar