Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Siswa Berperan Aktif: Cerminan Demokrasi di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Melalui P5 Suara Demokrasi

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan / Pendidikan / Umum

Surakarta, 21 Maret 2024 – Kegiatan P5 Suara Demokrasi di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta telah sukses berlangsung selama tiga hari, dimulai dari tanggal 18 Maret hingga 21 Maret 2024. Program yang melibatkan siswa kelas 7 dan 8 sebagai peserta aktif ini berhasil menampilkan proses demokrasi di lingkungan sekolah.

Tiga pasangan calon (paslon) memperebutkan posisi dalam pemilihan umum ini. Paslon pertama adalah Adinda Aisyah & Inar Cahya, diikuti oleh Joko Susanto & Muh Akram, serta Mahabati Raihana & Alvarina Isca.

Berikut adalah tahapan-tahapan yang dilalui selama kegiatan P5 Suara Demokrasi:

  1. Pembukaan dan Presentasi Visi Misi: Kegiatan dimulai pada hari Selasa dengan pembukaan resmi P5 Suara Demokrasi dan presentasi oleh para kandidat yang menyampaikan visi dan misi mereka.
  2. Pembentukan Panitia Seleksi dan Penyebaran Undangan: Pada hari Rabu, panitia seleksi dibentuk sementara undangan disebar ke seluruh sekolah untuk mengajak semua siswa ikut serta dalam pemilihan.
  3. Pemungutan Suara: Puncak kegiatan terjadi pada Kamis ketika seluruh siswa menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditentukan.

Setelah melalui proses pemilihan yang transparan, pada akhirnya, pasangan Joko Susanto & Muh Akram berhasil terpilih sebagai wakil dari organisasi siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dalam acara yang disebut P5 Suara Demokrasi.

Kegiatan P5 Suara Demokrasi ini tidak hanya bertujuan untuk memilih perwakilan siswa, namun juga memiliki tujuan dan manfaat bagi siswa sebagai berikut:

  • Pendidikan Demokrasi: Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang proses demokrasi, mulai dari tahap kampanye hingga pemungutan suara. Hal ini membantu siswa memahami pentingnya partisipasi dalam proses politik dan demokrasi.
  • Pengembangan Keterampilan: Melalui proses kampanye, presentasi, dan pemilihan, siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan kerjasama.
  • Peningkatan Kesadaran Politik: Dengan terlibat langsung dalam pemilihan umum di lingkungan sekolah, siswa menjadi lebih sadar akan hak dan tanggung jawab sebagai warga negara, serta memahami pentingnya memilih pemimpin yang tepat.
  • Mempromosikan Nilai-nilai Demokrasi: Kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mempromosikan nilai-nilai demokrasi seperti keadilan, kebebasan berpendapat, dan penghargaan terhadap perbedaan pendapat di antara siswa.

Dengan demikian, P5 Suara Demokrasi tidak hanya merupakan acara sekolah biasa, tetapi juga merupakan langkah penting dalam membentuk generasi yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan demokratis masyarakat.

Keberhasilan terselesaikannya acara ini menggarisbawahi komitmen sekolah untuk membina pemimpin masa depan yang dapat berkontribusi aktif kepada masyarakat melalui prinsip-prinsip demokrasi. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan, SMP Muhammadiyah 2 Surakarta meletakkan dasar yang kuat untuk menumbuhkan kewarganegaraan yang bertanggung jawab di kalangan siswa.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar