Info Sekolah
Kamis, 22 Feb 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Mengasah Kemandirian: Kisah Perkemahan Kaderisasi Hizbul Wathan Qobilah SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kepanduan / Kesiswaan / Pendidikan / Umum

Surakarta, 17 Desember 2023 – SMP Muhammadiyah 2 Surakarta menggelar acara “Perkemahan Kaderisasi Hizbul Wathan” yang berlangsung selama tiga hari, dari 14 hingga 16 Desember 2023, di lokasi yang menarik dan alami, yaitu Agro Wisata Kampoeng Karet.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 yang antusias mengambil bagian dalam serangkaian aktivitas yang dirancang khusus untuk mengasah kemampuan mereka. Tema “Melatih Disiplin dan Kemandirian” dipilih sebagai fokus utama, mengingat pentingnya kedua nilai ini dalam pembentukan karakter siswa.

Selama tiga hari, peserta diajak untuk terlibat dalam berbagai kegiatan yang menantang dan edukatif. Mulai dari pelatihan dasar kepemimpinan, permainan yang membangun kerjasama tim, hingga sesi pembelajaran tentang pentingnya menjaga lingkungan. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat disiplin dan kemandirian mereka, tapi juga mengembangkan rasa kebersamaan dan kepemimpinan.

Salah satu peserta, mengungkapkan kegembiraannya, “Ini pengalaman yang sangat berharga. Saya belajar banyak tentang kerjasama tim dan pentingnya disiplin. Saya juga bisa bertemu banyak teman dan belajar dari mereka.”

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, Bunda S. Partini, S.Pd., mengatakan, “Kami berharap melalui kegiatan ini, para siswa dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin masa depan yang disiplin dan mandiri. Kami bangga dengan antusiasme dan partisipasi mereka dalam kegiatan ini.”

Perkemahan ini juga melibatkan beberapa guru dan instruktur yang berpengalaman, yang memastikan kegiatan berjalan dengan aman dan menyenangkan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi siswa untuk lebih mengenal alam dan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Kegiatan seperti “Perkemahan Kaderisasi Hizbul Wathan” ini menjadi bagian penting dari kurikulum sekolah, tidak hanya sebagai ajang rekreasi, tapi juga sebagai sarana pembelajaran yang efektif dalam membentuk karakter siswa. SMP Muhammadiyah 2 Surakarta berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa di masa yang akan datang sebagai bagian dari upaya mereka dalam mendidik generasi muda yang tangguh dan bertanggung jawab.

Foto & Video, bisa klik disini

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar