Info Sekolah
Sabtu, 01 Apr 2023
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Suara Demokrasi, Pemilihan Ketua IPM MUDASKA 2022 – 2023

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan / Umum

SMP Muhammadiyah 2 Surakarta telah menggelar kegiatan Gelar Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Suara Demokrasi” pada tanggal 4 Januari 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 378 siswa. Pada kegiatan ini, terdapat 4 pasang kandidat yang ikut serta dalam pemilihan. Pasangan yang terpilih adalah

  1. Febrian Abriano
  2. Muhammad Nurochim.

Tahapan Pemilihan Umum Ketua IPM SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Persiapan: Langkah pertama yang harus dilakukan adalah persiapan, yang meliputi pengumuman tentang pemilihan umum, penyiapan formulir pendaftaran kandidat, penyiapan daftar pemilih, dan penyiapan tempat pemungutan suara.
  2. Pendaftaran kandidat: Langkah selanjutnya adalah pendaftaran kandidat. Siswa yang ingin menjadi kandidat dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan.
  3. Verifikasi: Setelah pendaftaran kandidat selesai, maka dilakukan verifikasi terhadap calon kandidat untuk memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.
  4. Penyampaian visi misi: Setelah verifikasi selesai, maka setiap calon kandidat harus menyampaikan visi dan misi mereka kepada siswa lainnya sebagai bagian dari proses kampanye.
  5. Pemungutan suara: Langkah terakhir adalah pemungutan suara. Siswa dapat memilih kandidat yang diinginkan melalui pemungutan suara yang dilakukan di tempat yang telah disediakan. Setelah pemungutan suara selesai, maka akan diumumkan hasil pemilihan umum yang menunjukkan kandidat yang terpilih.

Tujuan dari Gelar Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar negara serta untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menghargai prinsip-prinsip Pancasila.

Manfaat yang akan didapat oleh para siswa melalui kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman mereka tentang Pancasila sebagai dasar negara, serta meningkatnya kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan menyalurkan aspirasi secara demokratis. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dalam memahami dan menghargai prinsip-prinsip Pancasila serta dapat menjadi generasi penerus yang memiliki jiwa demokrasi yang kuat.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar