Info Sekolah
Jumat, 24 Mei 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Sistem Menghafal Al Qur’an yang Efektif dan Menyenangkan

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan / Pendidikan

Sistem Menghafal Al Qur’an yang Efektif dan Menyenangkan, Ini yang Diajarkan Ust. Surya Andikusumo kepada Siswa SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

 

Surakarta – Sebagai salah satu sekolah yang memiliki program khusus tahfidz Al Qur’an, SMP Muhammadiyah 2 Surakarta terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hafalan siswanya. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan kegiatan Dauroh Tahfidz Al Qur’an yang dilaksanakan pada Kamis, 31 Agustus 2023, pukul 8.30 – 11.30 WIB.

Kegiatan ini diikuti oleh 98 siswa Program Khusus Tahfidz kelas 7, 8, dan 9 yang memiliki target untuk menghafal Al Qur’an selama tiga tahun. Pembicara dalam kegiatan ini adalah Ust. Surya Andikusumo, S.Pd.I, Pendiri/Mudir RTT-PTQ Al Birru yang telah berpengalaman dalam bidangnya.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, Ibu S. Partini, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa dalam menghafal Al Qur’an. Beliau juga mengapresiasi kerjasama antara sekolah dan pondok pesantren dalam mengembangkan program tahfidz.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi siswa kami, khususnya dalam hal menghafal Al Qur’an. Kami juga berterima kasih kepada Ust. Surya Andikusumo yang telah bersedia menjadi pembicara dalam kegiatan ini. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut di masa depan,” ujar Ibu S. Partini.

Materi yang disampaikan oleh Ust. Surya Andikusumo adalah “Sistem Menghafal” yang dibagi dalam beberapa bagian, yaitu:

  1. Estafet: Menghafal dan menyetorkan dengan menyambungkan hafalan sebelumnya
  2. Ziyadah: Menambah hafalan baru
  3. Muroja’ah: Mengulang-ulang
  4. Tilawah: Banyak membaca

Dalam materi estafet, Ust. Surya Andikusumo menjelaskan bahwa cara ini efektif untuk menguatkan hafalan dan menghilangkan rasa bosan. Siswa diminta untuk menghafal satu ayat atau satu halaman tergantung kemampuan masing-masing, kemudian menyetorkannya kepada temannya dengan menyambungkan hafalan sebelumnya. Dengan begitu, siswa akan terbiasa menghafal dan mendengar ayat-ayat Al Qur’an.

Dalam materi ziyadah, Ust. Surya Andikusumo menekankan pentingnya menambah hafalan baru setiap hari sesuai dengan target yang telah ditentukan. Siswa harus memiliki niat yang kuat, konsentrasi yang tinggi, dan motivasi yang positif untuk menghafal Al Qur’an. Siswa juga harus memilih waktu yang tepat untuk menghafal, misalnya setelah sholat subuh atau sebelum tidur.

Dalam materi muroja’ah, Ust. Surya Andikusumo mengingatkan bahwa mengulang-ulang hafalan adalah kunci untuk menjaga keutuhan dan kejernihan hafalan. Siswa harus muroja’ah hafalan setiap hari dengan cara membaca, mendengar, dan menulis ulang ayat-ayat yang telah dihafal. Siswa juga harus muroja’ah hafalan secara berkala dengan cara mengikuti ujian atau lomba tahfidz.

Dalam materi tilawah, Ust. Surya Andikusumo mengajak siswa untuk banyak membaca Al Qur’an dengan tartil dan tajwid yang baik. Tilawah dapat meningkatkan kecintaan dan keindahan hati terhadap Al Qur’an. Tilawah juga dapat membantu siswa untuk memperbaiki bacaan dan pengucapan ayat-ayat yang telah dihafal.

Pesan pembicara kepada siswa adalah tidak ada metode menghafal yang paling baik, yang penting asmuni (mau asal bunyi), mau bersuara. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah menghafal dan mengamalkan Al Qur’an.

Siswa yang mengikuti kegiatan ini mengaku senang dan merasa mendapat banyak ilmu dari Ust. Surya Andikusumo. Mereka juga bersemangat untuk menerapkan sistem menghafal yang telah dipelajari.

Kegiatan Dauroh Tahfidz Al Qur’an ini merupakan salah satu upaya SMP Muhammadiyah 2 Surakarta untuk mencetak generasi yang cinta dan hafal Al Qur’an. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan sekolah.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar