Info Sekolah
Jumat, 24 Mei 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Sinergi dan Inovasi dalam Pembinaan Guru dan Karyawan: Menuju Pendidikan Islam Berkualitas di Sekolah Muhammadiyah Solo Utara

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Pendidikan / Umum

Surakarta, 22 Juli 2023 / 1 Muharram 1445 H – Pada hari yang cerah ini, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Solo Utara menyelenggarakan acara pembinaan guru dan karyawan Perguruan Sekolah Muhammadiyah. Acara berlokasi di ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan dari SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, SD Muhammadiyah 3 Surakarta, SD Muhammadiyah 5 Surakarta, dan SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta.

Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Bp. Drs. H. Sarjono, yang merupakan Perwakilan PCM Solo Utara. Beliau menyampaikan rasa syukur atas kesempatan untuk mengadakan acara yang bernilai penting ini dan berharap acara tersebut akan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan pendidikan di wilayah Surakarta.

Bp. Suyanto, S.Ag, M.Pd., selaku perwakilan dari ITS PKU Muhammadiyah, juga ikut menyampaikan sambutannya. Beliau menekankan pentingnya sinergi dalam pendidikan antar sesama amal usaha Muhammadiyah di wilayah Surakarta, sehingga menciptakan atmosfer yang kondusif bagi kemajuan pendidikan Islam.

Tidak ketinggalan, Bp. Azhari, S.S., selaku Ketua PCM Solo Utara, membuka acara ini secara simbolis sebagai tanda dimulainya pembinaan guru dan karyawan. Semangat untuk memajukan pendidikan sangat terasa di ruang acara tersebut.

Acara inti kemudian dimulai dengan dua sesi yang berbeda. Sesi pertama dipandu oleh Bp. Mahmudi Waluya, S.Pd., sebagai moderator, dan menghadirkan Bp. Dr. Muhammad Ali, S.Ag, M.Pd., dari Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta sebagai pembicara utama. Dalam pidatonya, Bp. Dr. Muhammad Ali menekankan pentingnya keterampilan reflektif thinking dalam menghadapi tantangan abad ini. Menurut beliau, hal tersebut merupakan keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh para pendidik, sehingga pendidikan dapat terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Sesi kedua dilanjutkan dengan Bp. H. Sunardi, S.Pd., sebagai moderator, dan Bp. H. Supraptono, S.Pd., selaku Sekretaris PDM Kota Surakarta sebagai pemateri. Dalam paparannya, Bp. H. Supraptono membahas tentang poin-poin penting yang wajib disiapkan sekolah terkait akreditasi. Ide-ide segar yang disampaikan oleh beliau membangkitkan semangat para peserta dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Acara pembinaan ini mencerminkan semangat Muhammadiyah untuk terus berinovasi dan menggali potensi dalam upaya memajukan pendidikan Islam di wilayah Surakarta. Dengan sinergi yang terjalin dan pemahaman akan pentingnya keterampilan reflektif thinking dan akreditasi, diharapkan Perguruan Sekolah Muhammadiyah dapat menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa secara lebih luas. Semangat untuk terus berkolaborasi dan berkomitmen dalam pembinaan pendidikan ini akan menjadi fondasi yang kokoh untuk mencapai masa depan yang cerah bagi pendidikan Islam di Surakarta.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar