Info Sekolah
Kamis, 22 Feb 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Serunya Perkemahan Kepanduan Hizbul Wathan

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kepanduan

Bismillaahirrohmanirrohiim

Assalamualaikum wr wb

Hizbul Wathan adalah salah satu kepanduan dari organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. Hizbul Wathan  disingkat HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H (1918 M) atas prakarsa KH Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah . Ciri khas HW hakikatnya adalah bahwa Prinsip Dasar Kepanduan dan Metode Kepanduan yang harus diterapkan dalam setiap kegiatan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan kepentingan, keperluan, situasi, kondisi masyarakat serta kepentingan Persyarikatan Muhammadiyah.

SMP Muhammadiyah 2 Surakarta menyelenggarakan Perkemahan Kepanduan Hizbul Wathan pada hari Sabtu, Minggu dan Senin tanggal 10,11,12 Desember 2022 di Kampung Karet Karanganyar. Kegiatan ini diikuti oleh 98 peserta yaitu siswa siswi kelas 7 SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan perkemahan tersebut.

Kegiatan ini terdiri dari 9 regu dan satu team dewan pendamping dengan rundown acara di antaranya Sholat wajib berjamaah, sholat tahajud, tilawah dan hafalan bersama. Pada hari Minggu 11 Desember 2022 anak-anak melakukan tadabur alam dengan melewati 5 pos dimana masing-masing pos telah diberikan tugas sesuai dengan landasan teori pada kepanduan Hizbul wathan di antaranya tentang pemahaman sandi kotak dan simapur, Pertolongan Pertama Hizbul Wathan (P2 HW), simpul, dan ketangkasan. Malamnya diadakan lomba pentas seni di mana masing-masing regu harus menampilkan kreatifitas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Kegiatan ini dilombakan dan dipilih juara 1,2,3 serta juara favorit.

Hizbul Wathan (HW) SMP Muhammadiyah 2 ini dibawah bimbingan  rakanda dan ibunda :

  1. Ibunda S. Partini, S.Pd selaku pemimpin Qobilah.
  2. Rakanda Adhi Priyogo, S.Pd; M.Pd
  3. Ramanda Sapto Kuncoro, S.Pd.
  4. Ibunda Ary Sofianti, S.Pd.
  5. Ibunda Dewi Lestari, S.Pd; M.Pd

Kegiatan ini mempunyai tujuan supaya anak-anak terlatih dalam hal kedisiplinan, tanggungjawab, ketangkasan, dan kemandiriannya. Untuk dokumentasi selama acara, bisa klik disini.

Wassalamualaikum wr, wb.

Artikel ini memiliki

5 Komentar

Selasa, 13 Des 2022

HW Yes!!

Balas
Ramanda Sapto
Selasa, 13 Des 2022

HW Jayaaa!!!

Balas
Adi
Selasa, 13 Des 2022

Fastabiqul khoirot

Balas
Puryadi
Selasa, 13 Des 2022

Semoga mampu menjadi kader muhammadiyah dan bangsa yg militan

Balas
Syamsuddin
Rabu, 14 Des 2022

HW MUDASKA JAYA

Balas

Beri Komentar