Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Menghidupkan Ramadhan dengan Al-Qur’an: Kisah Inspiratif dari SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan / Pendidikan

Surakarta, 15 Februari 2024 – Siswa dan siswi SMP Muhammadiyah 2 Surakarta melaksanakan kegiatan Khataman Al-Qur’an 30 Juz dengan tema “Menghidupkan Ramadhan dengan Al-Qur’an”. Kegiatan yang dipandu oleh para guru dan karyawan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi siswa dengan Al-Qur’an serta memupuk kecintaan mereka terhadap Kalam-Nya.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini, para siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan target menyelesaikan jumlah juz yang telah ditentukan sebelumnya. Mereka membaca Al-Qur’an secara bersama-sama, mengikuti tuntunan dari para guru yang juga turut memantau proses khataman tersebut.

Kegiatan dimulai dengan sholat Dhuha berjamaah, yang menjadi langkah awal dalam mempererat ikatan spiritual para peserta dengan Allah SWT. Kemudian, proses khataman Al-Qur’an dimulai dengan penuh semangat dan konsentrasi. Setiap kelompok berusaha keras untuk mencapai target yang telah ditetapkan, sekaligus menambah pemahaman dan hafalan mereka terhadap ayat-ayat suci Al-Qur’an.
Di akhir kegiatan, seluruh peserta bersama-sama membaca doa khatam Al-Qur’an, mengakhiri rangkaian kegiatan dengan penuh khidmat. Suasana kebersamaan dan kekompakan antara siswa, guru, dan karyawan sekolah sangat terasa, memberikan nuansa yang membanggakan bagi seluruh elemen yang terlibat.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, Ibu S. Partini, S. Pd., menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas keikutsertaan semua pihak dalam kegiatan ini. “Kegiatan khataman Al-Qur’an ini tidak hanya sekedar ritual, tapi juga merupakan upaya nyata untuk memperkokoh hubungan spiritual kita dengan Allah SWT serta meningkatkan kecintaan kita pada kitab suci Al-Qur’an,” ujarnya dengan penuh semangat.

Dengan berakhirnya kegiatan khataman Al-Qur’an ini, diharapkan kecintaan dan keterlibatan siswa dalam memahami serta mengamalkan ajaran Al-Qur’an semakin meningkat, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang berakhlak mulia dan bermanfaat bagi agama, bangsa, dan masyarakat.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar