Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Memperkuat Hafalan dan Pemahaman Al-Quran: Tasmi’ Akbar Juz 28, 29 & 30 di MUDASKA

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan / Pendidikan / Umum

Surakarta, 27 Mei 2023 – Pada hari ini, SMP Muhammadiyah 2 Surakarta menyelenggarakan acara Tasmi’ Akbar Juz 28, 29, dan 30 yang bertujuan untuk memperkuat kehafalan Al-Quran para siswa. Acara ini merupakan momen penting bagi siswa, yang didampingi oleh orangtua/wali serta para guru dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kualitas bacaan Al-Quran.

Acara ini diselenggarakan di aula SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) Solo Utara, Bapak Azhari, S.S. Turut hadir juga sebagai pembicara dalam acara ini adalah Ustadz Abd. Hakam Faruq HS., S.HI., M.Ag, yang memberikan kajian mengenai pentingnya memahami makna dan konteks dalam Al-Quran.

Tasmi’ Akbar merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh SMP Muhammadiyah 2 Surakarta untuk memotivasi siswa dalam menghafal Al-Quran. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, antara lain meningkatkan kecintaan siswa terhadap Al-Quran, meningkatkan pemahaman terhadap makna dan tajwid Al-Quran, serta meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan siswa.

Dalam acara ini, siswa diberikan kesempatan untuk muroja’ah hafalan surah-surah yang terdapat pada Juz 28, 29, dan 30 dengan disimak oleh orangtua/wali dan guru.

Bapak Azhari, S.S., sebagai perwakilan PCM Solo Utara, mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Ia menyampaikan bahwa kegiatan seperti Tasmi’ Akbar sangat penting dalam menjaga keberlanjutan pengajaran dan pembelajaran Al-Quran di kalangan siswa. Menurutnya, kegiatan semacam ini tidak hanya berdampak pada kehidupan siswa di dunia akademik, tetapi juga dalam membentuk karakter dan spiritualitas mereka.

Selain itu, Ustadz Abd. Hakam Faruq HS., S.HI., M.Ag, memberikan kajian yang berfokus pada pemahaman makna dan konteks Al-Quran. Kajian ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih dalam kepada siswa mengenai pentingnya memahami pesan yang terkandung dalam Al-Quran, bukan hanya sekedar menghafal secara mekanis.

Acara Tasmi’ Akbar Juz 28, 29, dan 30 ditutup dengan pembagian sertifikat kepada siswa yang telah menunjukkan prestasi tingkat hafalan yang baik. Pembagian sertifikat ini merupakan bentuk apresiasi dari pihak sekolah terhadap usaha dan dedikasi siswa dalam menghafal Al-Quran. Sertifikat ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk terus meningkatkan kualitas hafalan mereka.

Dalam wawancara dengan beberapa siswa, mereka menyampaikan rasa bangga dan senang atas keberhasilan mereka dalam mengikuti acara Tasmi’ Akbar ini. Mereka merasa terinspirasi untuk terus belajar dan meningkatkan hafalan Al-Quran mereka. Orangtua/wali siswa juga mengungkapkan kebanggaan mereka atas prestasi yang dicapai oleh anak-anak mereka.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, Ibu S. Partini, S. Pd., mengungkapkan bahwa acara Tasmi’ Akbar ini adalah salah satu upaya sekolah dalam mendukung pengembangan kecintaan siswa terhadap Al-Quran. Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada orangtua/wali yang turut berpartisipasi dalam mendampingi anak-anak selama kegiatan ini.

Acara Tasmi’ Akbar Juz 28, 29, dan 30 di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta berhasil menciptakan lingkungan yang hangat, komunikatif, dan bersahabat. Para siswa merasa didukung dan terinspirasi oleh kehadiran orangtua/wali serta para guru dalam proses pembelajaran Al-Quran. Semua pihak berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara berkala untuk memperkuat hafalan dan pemahaman Al-Quran siswa.

Dengan demikian, Tasmi’ Akbar Juz 28, 29, dan 30 di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta telah sukses sebagai acara yang memperkuat kehafalan Al-Quran siswa. Kehadiran orangtua/wali, perwakilan PCM Solo Utara, dan kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abd. Hakam Faruq HS., S.HI., M.Ag, memberikan nilai tambah dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap Al-Quran. Pembagian sertifikat kepada siswa berprestasi juga menjadi penghargaan yang memotivasi siswa untuk terus meningkatkan hafalan mereka. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk memperkuat kecintaan siswa terhadap Al-Quran dan meningkatkan kualitas pembelajaran agama di sekolah.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait