Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Assalamu'alaikum. Selamat datang di website SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Tapak Suci Muhammadiyah

Maksud & Tujuan Tapak Suci

Mendidik serta membina ketangkasan dan ketrampilan pencak sitat sebagai seni beladiri Indonesia. Memelihara kemurnian pencak sitat sebagai seni beladiri Indonesia yang sesuai dan tidak menyimpang dari ajaran Islam sebagai budaya bangsa yang luhur dan bermoral.

Untuk Ekstrakurikuler Tapak Suci merupakan kegiatan yang memberikan ketrampilan khusus bagi siswa dalam seni bela diri. Layaknya seni bela diri lainnya, seperti Karate, Kungfu dan Jujitsu, disini anak-anak juga dilatih beberapa teknik gerakan melumpuhkan bahkan mematikan, seperti, Jurus Toya, Jurus Kipas, Jurus Pedang, Tangan Kosong, Meringankan Tubuh dan masih banyak lagi. diharapkan bagi anak-anak yang memiliki kecerdasan Kinestik (Gerak) dan Natural (alam), maka akan tepat sekali mereka terlibat di ekskul ini.

Aliran TAPAK SUCI, adalah keilmuan pencak silat yang berlandaskan Al Islam, bersih dari syirik dan menyesatkan, dengan sikap mental dan gerak langkah yang merupakan tindak tanduk kesucian dan mengutamakan Iman dan Akhlak, serta berakar pada aliran Banjaran-Kauman, yang kemudian dikembangkan dengan metodis dan dinamis.

Perguruan TAPAK SUCI, adalah perguruan yang merupakan peleburan sekaligus kelanjutan dari tiga paguron yang pernah ada sebelumnya, yaitu: Kasegu, Seranoman, dan Kauman, berlandaskan Al Islam dan berjiwa ajaran KH. Ahmad Dahlan, membina pencak silat yang berwatak serta berkepribadian Indonesia, melestarikan budaya bangsa yang luhur dan bermoral, serta mengabdikan perguruan untuk perjuangan agama, bangsa, dan negara.