• SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA

  • SEKOLAH ISLAM BERKEMAJUAN

Pengertian ICT Adalah

Pengertian ICT (Information and Communication Technologies), Sebelumnya kita harus mengetahui kepanjangan dari ICT itu sendiri Teknologi Informasi dan juga Komunikasi atau yang biasa disebut dengan TIK adalah payung besar terminologi yang meliputi semua alat-alat teknis untuk memproses dan juga mengungkapkan informasi.

Ruang Lingkup ICT

ICT atau TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

a. Teknologi Informasi

Teknologi informasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

b. Teknologi Komunikasi

Sedangkan Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan indera bantu buat memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Apa itu ICT?

ICT adalah merupakan kepanjangan dari Information and Communication Technologies atau yang biasa pada kenal dengan TIK (Teknologi Informasi dan juga Komunikasi). TIK ini mecakup 2 teknologi yaitu:

  • Teknologi informasi yang berkaitan dengan proses, penggunaannya yang sebagai alat bantu, manipulasi.
  • Pengelolaan informasinya

Apabila ditinjau dari asal sebuah istilah teknologi. Kata teknologi ini berasal dari bahasa Yunani yaitu technologia, atau techne yang mempunyai arti “keahlian” dan logia yang berarti “pengetahuan”.

Dalam pengertian yang sempit, teknologi adalah sesuatu yang mengacu dalam objek benda yang digunakan untuk kemudahan kegiatan manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras.

Dalam pengertian yang lebih luas, teknologi dapat mencakup pengertian sistem, organisasi, juga teknik. Namun, seiring dengan perkembangan dan juga kemajuan zaman, pengertian teknologi menjadi semakin meluas, sebagai akibatnya saat ini teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan mengenai alat dan keahlian, dan bagaimana teknologi itu sanggup memberi pengaruh pada kemampuan manusia buat mengendalikan dan memperbarui sesuatu yang ada pada sekitarnya. Jadi, pada dasarnya teknologi adalah semacam hasil dari sebuah karya tangan manusia agar mampu memanfaatkan alam dan sesuatu yang terdapat di sekelilingnya secara lebih maksimal dan efektif. Dengan demikian, secara sederhana teknologi bertujuan buat mempermudah pemenuhan kebutuhan Manusia.

Sifat manusia yang tidak pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya membuat manusia mempunyai pola fikir yang semakin kreatif dan ingin membentuk sesuatu yang lebih inofatif. Dari dorongan keinginan tadi terciptalah kemajuan ilmu pengetahuan yang saat ini kita kenal sebagai kata teknologi.

Secara garis besar teknologi diciptakan manusia agar dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya dalam kehidupan sehari-hari secara cepat, mudah dan juga singkat.

Fungsi ICT atau TIK dan Tujuannya

Pusat Information and Communication Technologies (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini mengembangkan, mengimplementasikan dan mendukung Sistem Informasi dan Aplikasi yang mendukung proses akademik dan administrasi universitas. Pusat ini juga menyediakan akses ke sumber daya TIK. Mereka mendukung dan memelihara fasilitas TIK Universitas.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa staf dan mahasiswa Universitas telah menjamin akses ke sumber daya ICT atau TIK yang memfasilitasi pembelajaran, pengajaran, penelitian, dan penyebaran pengetahuan.

Peran ICT atau TIK

Ilustrasi Gambar Pengertian ICT

Ilustrasi Gambar Pengertian ICT

Setelah mengetahui pengertian ICT, kita juga harus mengetahui apa saja peranannya. Sebelum itu saat peningkatan kualitas hidup yang semakin menuntut manusia buat melakukan banyak sekali aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Secara tanpa kita sadari, sebagian aktifitas yang dilakukan oleh manusia sudah didukung oleh Teknologi Informasi dan juga Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi baik secara eksklusif juga tidak langsung telah membarui cara kita dalam hidup, cara kita belajar, cara kita bekerja dan cara kita bermain. Beberapa penerapan berdasarkan Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain pada bidang bisnis, pendidikan, dan kesehatan dan juga pemerintahan.

a. Dalam Bisnis

Penerapan TIK pada bidang bisnis contohnya, TIK telah ada banyak dipakai buat mendukung proses bisnis yang terjadi dalam perusahaan, baik bidang ekonomi juga perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-pelaksanaan dan juga layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan juga porto mengakibatkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi pada lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan juga Komunikasi menyebabkan perubahan bada norma kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP).

b. Bidang Pendidikan

Penerapan TIK pada bidang pendidikan sudah menaruh sumbangan untuk perkembangan teknologi pembelajaran. Dalam aplikasi pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan juga internet. Internet ini merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau juga lebih. Kemampuan dan juga ciri internet ini memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar secara jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih sakti dan efisien sehingga bisa diperoleh output yang lebih baik. Dengan hadirnya e-learning setiap murid bisa mengakses materi pembelajaran yang disediakan melalui website. Siswa mampu berinteraksi dengan dan juga guru atau dengan siswa lain tanpa wajib wajib hadir dikelas. Materi pembelajaran online, membuat siapa saja sanggup mengakses materi tersebut tanpa dibatasi oleh jarak dan juga waktu.

Bidang Kesehatan

Penerapan TIK dalam bidang kesehatan sudah membarui pola juru medis buat mengetahui riwayat penyakit pasien, yaitu dengan sistem berbasis kartu pintar (smart card) dapat digunakan juru medis agar dapat mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke tempat tinggal sakit lantaran dalam kartu tadi para juru medis mampu mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan personal komputer output pencitraan tiga dimensi agar dapat memberitahukan letak tumor dalam tubuh pasien.

d. Bidang Pemerintahan

Sedangkan penerapan TIK dalam pemerintahan dikenal dengan dan juga kata e-government. Tujuan pemanfaatan TIK dalam pemerintahan merupakan supaya pelayanan pada warga pada lebih efisien. TIK juga sanggup memberdayakan rakyat lantaran dengan adanya infrastruktur e-government akan lebih gampang dan lebih cepat untuk mengakses informasi yang berasal dari pemerintah. Selain itu, TIK mampu mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan mampu meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor bisnis dan juga industri.

e. Bidang pendidikan

1. TIK sebagai skill dan kompetensi

  • Penggunaan TIK wajib proporsional
  • TIK mampu masuk ke seluruh lapisan warga tapi sesuainya dengan dan juga porsinya masing-masing.

2. TIK sebagai infrastruktur pembelajaran

  • Tersedianya bahan ajar pada format digital
  • The network is the school
  • belajar dimana saja dan kapan saja

3. TIK sebagai sumber untuk bahan belajar

  • Ilmu berkembang dengan dan juga cepat
  • Pengajar-pengajar hebat tersebar di semua penjuru dunia
  • Buku dan bahan ajar diperbaharui secara kontinyu
  • Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
  • Tanpa teknologi ini, pembelajaran yang up-to-date membutuhkan waktu yang lama

4.  TIK sebagai alat bantu dan juga fasilitas pembelajaran

  • Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks global nyata
  • Memberikan gambaran aneka macam kenyataan ilmu pengetahuan buat mempercepat penyerapan materi ajar
  • Pelajar melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan berdikari atau mandiri
  • Akuisisi pengetahuan berasal berdasarkan interaksi mahasiswa dan juga pengajar
  • Rasio antara guru dan juga siswa sehingga menentukan proses pemberian fasilitas

5. TIK menjadi pendukung manajemen pembelajaran

  • Masing-masing individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya
  • Transaksi dan hubungan interaktif antar stakeholder memerlukan pengelolaan back office yang kuat
  • Kualitas layanan dalam pengeekan administrasi ditingkatkan secara sedikit demi sedikit
  • Orang merupakan asal daya yang bernilai

6. TIK menjadi sistem pendukung keputusan

  • Masing-masing individu mempunyai karakter dan talenta masing-masing dalam pembelajaran
  • Guru meningkatkan kompetensinya dalam banyak bidang ilmu
  • Profil institusi pendidikan diketahui oleh pemerintah.

 

Pemanfaatan ICT dalam bidang industri dan manufaktur

Dalam bidang industri, personal komputer atau PC digunakan dalam proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, misalnya Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan mampu didesain secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi. Sebagai contoh, dalam menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang usang dan juga relatif sulit bila dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan acara CAD (misalnya, AutoCad) semua itu sanggup teratasi. Bahkan, program ini bisa mendeskripsikan bentuk konkret sebuah desain mobil dilihat menurut aneka macam sudut (3 dimensi).

Pada tahap produksi ini, digunakan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan dan juga program Computer Numerical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM). Bahkan, ujicoba ketahanan kendaraan dapat dilakukan dan juga disimulasikan dengan komputer ini.

Dari penerangan tadi, dapat kita simpulkan bahwa peran TIK dalam bidang industri dan manufaktur sangat besar, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai alat bantu buat merancang produk baru secara cepat, gampang, dan juga sempurna (seksama).
  • Proses produksi dapat dilakukan dengan dan juga sesedikit mungkin tenaga manusia sebagai sehingga dapat mengurangi resiko fisik yang bisa dialami oleh manusia.