Ekstrakulikuler

Daftar Ekstrakulikuler di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

 

 

Selain dituntut dalam bidang akademik, SMP Muhammadiyah 2 SKA juga memberikan Ekstrakulikuler non Akademik untuk menunjang keterampilan non akademik, diantaranyan :

  1. Hizbul Wathon (HW) adalah salah satu organisasi otonom di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. HW pertama kali didirikan di Jogjakarta pada 1918, atas prakarsa KH. Ahmad Dahlan, HW berasaskan Islam. HW didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim.
  1. Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Tapak Suci termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi. Tapak Suci berasas Islam, bersumber pada Al Qur’an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11. Tapak Suci berdiri pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H, atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Motto dari Tapak Suci adalah “Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah”.
  1. Kegiatan Ekstra PMR merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Di mana kegiatan ekstra ini memfokuskan pada materi-materi Kesehatan, Pertolongan Pertama (PP), Penanggulangan Pada Gawan Darurat (PPGD) dan bidang sosial. Melalui kegiatan ekstra PMR ini siswa-siswi yang memiliki hobi, cita-cita menjadi petugas kesehatan dan berminat menjadi relawan, dapat menyalurkan minat-bakat mereka tersebut, karena selain menerima materi, para siswa-siswi juga bisa—langsung—praktek di sekolah. Selaku petugas kesehatan di sekolah mereka adalah Kader Kesehatan Remaja dan Kader Relawan yang harus selalu berlatih dan mengasah keahliannya dalam wadah kegiatan ekstra PMR.