0271 - 852313
Jl. Kerinci No. 15 Sekip, Kadipiro, Banjarsari 57136
blog-img
12/07/2019

Pelajaran TIK Kembali Masuk Kelas Dengan Nama Baru

Admin | Informasi

Jakarta: Mata pelajaran (mapel) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dipastikan akan kembali masuk ke dalam kurikulum 2013. Mapel yang namanya akan berganti menjadi Informatika ini, akan diterapkan mulai tahun ajaran baru 2019/2020.
 
Kepala Pusat Kurikulum, dan Perbukuan (Puskurbuk), Kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan (Kemendikbud), Awaluddin Tjalla mengatakan, mata pelajaran yang dulu bernama Teknologi Informatika dan Komputer (TIK) akan kembali masuk ke kurikulum sekolah. Setelah sebelummya, mapel tersebut dihapus dari kurikulum 2013.
 
"TIK akan masuk kembali ke kurikulum, namun dengan menggunakan nama baru, yaitu Informatika," kata Awaluddin di Jakarta, Sabtu, 1 September 2018.

Informatika akan diterapkan di jenjang SMP, dan SMA mulai tahun ajaran 2019/2020. Untuk jenjang SMP, mapel Informatika akan diberikan sebanyak dua jam pelajaran dalam sepekan.
 
"Sementara untuk jenjang SMA akan masuk ke dalam mapel pilihan, di mana untuk jenjang ini bisa mencapai tiga jam pelajaran," terangnya
 
Kesiapan Guru
 
Namun Awaluddin mengakui, jika kembalinya Informatika ke dalam kurikulum membutuhkan kerja keras sebelum diterapkan. Terutama terkait kesiapan tenaga pendidik, di mana saat ini hanya ada 40 ribu guru yang selama ini mengampu TIK di Indonesia.
 
Dari jumlah itu pun, baru 50%-nya saja, atau 20 ribu guru di antaranya yang memiliki sertifikat, dan latar belakang pendidikan yang linier dengan bidang TIK. "Hanya separuhnya, ditambah lagi tidak ada penambahan guru baru sekarang," jelas Awaluddin.
 
Saat ini, kata Awaluddin, Kemendikbud tengah menyiapkan dokumen implementasi. Kompetensi dasar informatika juga terus dikaji, divalidasi dan diuji coba.
 
"Kemudian harus disamakan dulu persepsi informatika antara guru, dan murid sebelum diterapkan, serta masih dipikirkan apakah nanti akan diterapkan serentak atau bertahap," tutup Awaluddin.

Bagikan Ke:

Populer